pengertian coreldraw

Pengertian Corel Draw

Corel Draw adalah salah satu aplikasi desain grafis yang banyak digunakan untuk membuat berbagai macam-macam desain seperti logo, spanduk, brosur, kartu undangan, kalender, stiker, dan masih banyak yang lainnya. Corel Draw dikembangkan oleh perusahaan pengembang software termuka yaitu Corel Corporation yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Bila dibandingkan dengan program ilustrasi lainnya, seperti Adobe Ilustrator dan Macromedia Freehand, Corel Draw mempunyai banyak keunggulan khususnya dalam kemudahan penggunaannya, serta interface yang user friendly, juga kelengkapan fasilitas dan fitur yang bisa di gunakan.
Format file hasil dari desain dengan Corel Draw sendiri adalah (.CRD). Yang mana kepanjangan dari CRD itu sendiri adalah Corel Draw Document. Selain itu Hasil Desain Corel Draw bias juga di export ke dalam format PDF (Portable Document Format), AI (Adobe Ilustrator), PNG (Portable Network Graphics), DWG (AutoCAD), GIF, JPG, dan masih banyak yang lainnya.

Fungsi Corel Draw

Adapun fungsi atau kegunaan Corel Draw yaitu antara lain:
1. Untuk membuat Logo.
2. Untuk membuat spanduk.
3. Untuk membuat brosur.
4. Untuk membuat kartu undangan, kartu nama, stempel.
5. Dan lain-lain.
Cara menjalankan Corel Draw
Banyak cara atau langkah untuk memulai atau menjalankan Corel Draw yaitu sebagai berikut:
1. Double Klik Shortcut Corel Draw yang ada di desktop.
2. Klik menu start>>kemudian ketikan Corel Draw pada kolom Search program and files, kemudian enter.
3. Klik menu start >> kemudian Klik All Program>>Cari dan Klik Corel Draw>>maka akan terbuka tampilan coreldraw. Kemudian selanjutnya kita  Klik New Graphic, tunggu beberapa saat sehingga akan muncul tampilan sebagai berikut.


Keterangan:
TITLE BAR
Memberikan informasi tentang nama file yang sedang dibuka.
MENU BAR
Menu bar adalah barisan menu-menu yang terdiri dari menu file, edit, view, layout, arrange, effects, bitmaps, text, table, tool, windows dan help.
STANDARD TOOL BAR
Terdapat perintah-perintah yang sering digunakan untuk lebih mempermudah dan mempercepat akses, misalnya membuat file baru, membuka filem mencetak, menyimpan dan sebagainya.
RULER
Yaitu berfungsi untuk membantu dalam membuat desain dengan ukuran yang tepat, karena terdapat mistar horizontal dan vertical dengan satuan ukuran yang dapat kita ubah dan tentukan sewaktu-waktu.
COLOR PALETTE
Warna adalah unsur penting dalam sebuah seni desain grafis. CorelDraw memberikan banyak kemudahan untuk mengakses dan memilih berbagai macam model warna. Langkah tercepat untuk mengakses warna adalah melalui On-Screen color palete yang tersedia disebelah kanan.
TOOLBOX
Merupakan barisan icon-icon yang menyimpan berbagai macam perintah untuk pembuatan objek dasar, editing objek, efek-efek interaktif dan banyak yang lainnya.
Itulah sekelumit pembahasan tentang Corel Draw. Semoga dapat dimengerti, mudah dipahami dan bermanfaat.

sumber : https://www.fujiariansyah.com/2016/12/pengertian-dan-fungsi-corel-draw.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fungsi menu coreldraw